Pages

Manajemen Sekolah

Thursday, December 7, 2023

 


Manajemen Sekolah Untuk Mengembangkan Pendidikan Sekolah

Manajemen Sekolah yang unggul

Pijar Sekolah – Manajemen sekolah dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan pengolahan proses pendidikan untuk mencapai latar belakang manajemen sekolah baik  jangka pendek, jangka menengah, maupun  jangka panjang.  Hal ini dianggap sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan mengangkat manusia.  Memiliki keimanan dan ketaqwaan, berakhlak mulia, berilmu,  fungsi. Manajemen sekolah adalah proses mengelola sekolah dengan merencanakan, mengorganisasikan, mengajar dan mengawasinya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Sebagai kepala sekolah, kepala sekolah memposisikan ditentukan di organisasi sekolah. Salah satu titik fokus utama kepala sekolah dalam school management unggul adalah manajemen pembelajaran. Dalam artikel ini akan menjelaskan ruang lingkup manajemen sekolah, komponen manajemen sekolah dan bagaimana struktur manajemen sekolah.

Arti Sekolah Manajemen

Pengertian manajemen sekolah Penerjemahan manajemen schooll memberdayakan pemimpin sekolah dan meningkatkan school management dengan  meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya peningkatan kinerja sekolah, termasuk keterlibatan guru, siswa, pemimpin sekolah, dan masyarakat termasuk, merupakan pendekatan kebijakan yang ditujukan untuk reformasi sekolah. . sistem informasi manajemen dapat dilakukan dengan memperbaiki pendidikan sekolah.

Tujuan Manajemen Sekolah

Menurut Supriyono Subakir Kegunaan utama school management adalah untuk meningkatkan efisiensi manajemen, dan memberikan otoritas yang lebih banyak dan lebih luas kepada sekolah untuk mengelola pekerjaannya. Lalu bagaimana contoh sistem informasi school management serta contoh pengelolaan sistem informasi school management

E. Mulyasa mempunyai tujuan Manajemen Sekola adalah:

 a. Pengembangan efisiensi,

 b. Peningkatan mutu,.

 c. Pemajuan pemerataan

Manajemen School bertujuan untuk memberdayakan sekolah melalui pemberian otonomi kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif, Manfaat Manajemen Sekola oleh Departemen Pendidikan Nasional adalah : 

1) Meningkatkan kualitas pendidikan  dan meningkatkan sumber daya yang tersedia melalui kemandirian manajemen dan inisiatif sekolah. 

2) Meningkatkan kesadaran untuk memberikan pendidikan di antara masyarakat sekolah dan warga dalam pengambilan keputusan bersama. .

3) Mengembangkan responsibility sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah terhadap mutu sekolah. 

4) Memperkuat persaingan sehat antar sekolah untuk tercapainya mutu pendidikan

Fungsi Manajemen Sekolah

Fungsi manajemen sekolah adalah untuk  Ini memberi sekolah kebebasan dan kekuatan yang besar dan memegang berbagai tanggung jawab. Dengan mengelola sumber daya  sesuai dengan kondisi lokal dan secara mandiri mendelegasikan tanggung jawab untuk mengembangkan strategi school management, sekolah dapat lebih meningkatkan kesejahteraan guru dan memungkinkan guru untuk fokus pada lebih banyak tantangan. Manajemen school menekankan partisipasi maksimal dari berbagai pemangku kepentingan. Sekolah mandiri memastikan keterlibatan  staf, orang tua, siswa, dan masyarakat  luas dalam mengembangkan keputusan  pendidikan. Peluang untuk berpartisipasi  dapat meningkatkan komitmen Anda terhadap sekolah. Selain itu, aspek-aspek tersebut mendukung efektivitasnya dalam mencapai tujuan sekolah pada akhirnya. . Fungsi school management Dengan pengelolaan masyarakat dan pengawasan pemerintah, tata kelola sekolah  lebih akuntabel, transparan, egaliter dan demokratis, serta menghilangkan monopoli  pendidikan.

G.R. Terry menyatakan terdapat empat fungsi manajemen, adalahi:

• Perencanaan atau planning

• Pengorganisasian atau organizing

• Pelaksanaan atau actuating, dan

• Pengawasan atau controlling.

Prinsip – Prinsip Manajemen Sekolah

prinsip prinsip manajemen sekolah Teori school management yang digunakan oleh manajemen school didasarkan pada empat asas: asas keadilan, asas desentralisasi, asas pemerintahan sendiri, dan asas dipimpin staf atau macam macam manajemen sekola

a. Prinsip Ekuifinalitas (Principle of Equifinality)

Prinsip dasar ini sesuai dengan pada teori bisnis modern, yang mengandaikan sebagai berikut: Ada beberapa cara berbeda untuk mencapai tujuan Anda. school management menekankan pada fleksibilitas, sehingga sekolah harus dikelola oleh warga sekolah dalam setiap situasi. 

b. Prinsip Desentralisasi (Principle of Decentralization)

Prinsip desentralisasi ini sejalan dengan prinsip kesetaraan. Asas desentralisasi didasarkan pada teori dasar bahwa pengelolaan sekolah dan kegiatan pendidikan tidak dapat menghindari kesulitan dan masalah. Pendidikan merupakan persoalan yang kompleks dan kompleks yang memerlukan desentralisasi untuk melaksanakannya. 

c. Prinsip Sistem Pengelolaan Mandiri (Principle of Self-Managing System)

Asas ini berkaitan dengan asas sebelumnya: asas keadilan dan asas desentralisasi. Ketika sekolah menghadapi masalah, mereka harus menyelesaikannya dengan caranya sendiri. Jika ada pendelegasian wewenang dari birokrasi di atas ke tingkat sekolah, maka sekolah dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga membuat manajemen sekola unggulan 

d. Prinsip Inisiatif Manusia (Principle of Human Initiative)

Dari perspektif ini, kepemimpinan sekolah bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai di mana warga sekolah  dapat bekerja dengan baik dan mengembangkan potensi mereka. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan dapat dinilai dari segi pengembangan sumber daya manusia. Prinsip ini mengakui bahwa manusia adalah sumber daya yang dinamis, bukan sumber daya yang statis.

Sekarang sudah banyak aplikasi manajemen sekola yang sudah disediakan seperti pijarsekolah dan juga ada aplikasi manajemen sekolah berbasis web gratis. Apakah kalian memiliki pertanyaan manajemen sekolah dan apa saja tantangan manajemen sekolah

Sumber:

https://pijarsekolah.id/uncategorized/manajemen-sekolah-sebagai-mengembangkan-pendidikan-sekolah/

 


Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2015. Usaha Sunnah.
Design by Agus Supriyadi. Published by Tagijek Travelr. Support by DAILYFASTNEWS.
Creative Commons License