Pages

ICMI MUDA WILAYAH MALUKU UTARA SUSKES MENGGELAR SEMINAR SESI 1

Monday, August 30, 2021

Icmi Muda Wilayah Maluku Utara  Suskes Menggelar Seminar Sesi 1


Editor: Agus Supriyadi

TERNATE-LAWEMAS.COM-Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Muda (ICMI Muda) Wilayah Provinsi Maluku Utara sukses menggelar Seminar Sesi 1, Minggu (29/08/2021). Seminar yang digelar virtual dengan meeting zoom ini merupakan langkah awal ICMI Muda Wilayah Provinsi Maluku Utara menjalankan program literasi dalam menjawab isu-isu terkini.

Acara seminar mengusung tema “Geopolitik Afghanistan, Setelah Taliban Berkuasa Lagi” dibuka langsung oleh Ketua Umum ICMI Muda Maluku Utara, Fadlan Muin, S.Pd., M.Si. Menghadirkan narasumber Dr (C) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si merupakan Putra Terbaik Maluku Utara, Antroplog Universitas Khairun dan juga Dewan Pakar ICMI Muda Maluku Utara dan dimoderatori oleh Nasrullah La Madi, S.Pd., M.Pd pengurus ICMI Muda Maluku Utara.

Dalam penyampaian materinya, Dr (C) Yanuradi Syukur, S.Sos., M.Si banyak mengulas tentang Afghanistan dan Taliban serta pengaruh negera tersebut terhadap dunia internasional dan Indonesia. Beliau menyoroti pentingnya kita memperhatikan tugas sebagai warga negera dalam menjalankan perintah pembukaan UUD 1945 tentang hubungan internasional dalam nilai-nilai kemanusiaan.

“Membicarakan geopolitik luar negeri merupakan amanah Pembukaan UUD 1545, dan kita sebagai generasi muda Indonesia wajib memahami dan menjalankan amanah itu” Ujar Pria yang juga merupakan Presiden Rumah Produktif Indonesia (RPI).

Acara seminar belangsung semakin seru, pada sesi diskusi moderator membuka ruang bertanya, banyak pertanyaan disampaikan oleh penanya seputar Afghanistan dan Taliban bahkan ada pertanyaan mengarah ke hal manfaat dan ancaman untuk Indonesia. Seperti Bagaimana keadaan Indonesia saat Taliban kembali memimpin Afghanistan mengingat mereka adalah kelompok dengan gerakan garis, Apa untungnya kita membahas Afghanisan dan Taliban dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dijawab dengan baik dan lugas oleh pemateri.

Sebelum acara ditutup oleh Ketua ICMI Muda Maluku Utara, Beliau menyampaikan “kegiatan literasi seperti Seminar Sesi 1 yang dilakukan hari ini akan terus digalakkan menjadi Sesi 2, 3 dan seterusnya oleh ICMI Muda Maluku Utara dengan mengangkat tema-tema kontemporer yang terjadi di Maluku Utara, Indonesia bahkan dunia. Materi-materi seminar ICMI Muda Maluku Utara (rencana) nantinya akan dihimpun dan dibuatkan buku dalam bentuk buku bunga rampai mengigat pengurus-pengurus ICMI Muda Maluku Utara terdiri dari para cendekia muda berlatar belakang berbagai disiplin ilmu, semoga rencana ini berjalan sesuai harapan” Tutup Fadlan Muin.



Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2015. Usaha Sunnah.
Design by Agus Supriyadi. Published by Tagijek Travelr. Support by DAILYFASTNEWS.
Creative Commons License