Pages

BKM Al Maliki Perumahan Low Permai Ngade Gelar Kajiar Perdana

Friday, August 13, 2021


Reporter - Agus Supriyadi

Ngade – LAWEMAS.COM - BKM Al-Maliki Perumahan Low Permai pada tanggal 4 Muharram 1443 H atau bertepatan dengan Hari Jum’at, 13 Agustus 2021 Ba’da magrib - isyak mulai menggelar kajian keagamaan untuk membekali jama’ah dalam meningkatkan ilmu dan ketaqwaan kepada Allah Tabaroka Wata’la. Ada beberapa bidang kajian yang menjadi fokus Bidang Da’wah, diantaranya adalah Kajian Tafsir, Fiqih dan Hadist. Ketua Bidang Da’wah BKM Al-Maliki Dr. Abubakar M. Nur, S.Ag.,M.Si mengatakan bahwa hari ini merupakan kajian perdana yang akan mengupas tentang Ayat-Ayat Ahkam, Tafsir Surat Al-Fatihah Karya Imam Ali Al Shabuniy, Surat Al Fatihah yang menjadi pembuka dalam Al Quran dengan narasumber Al-Ustadz Dr. Laode Ilman, L.C.,M.Pd. Di sela-sela musyawarah internal Bidang Da’wah, Ketua BKM Al-Maliki H. Hermanto telah menyetujui seluruh program-program yang telah diagendakan oleh bidang tersebut.

Pertama: Membaca Al-Fatihah Adalah Rukun Shalat

Al Fatihah merupakan surat paling agung dalam Al-Quran. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari, Rasulullah mengatakan bahwa surat yang paling agung dalam Al Quran adalah Al-Fatihah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al-Fatihah).” (HR. Bukhari dan Muslim dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu)

Dalam sabda yang lain beliau mengatakan yang artinya, “Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Qur’an (surat Al-Fatihah) maka shalatnya pincang (khidaaj).” (HR. Muslim)

Makna dari khidaaj adalah kurang, sebagaimana dijelaskan dalam hadits tersebut, “Tidak lengkap”. Berdasarkan hadits ini dan hadits sebelumnya para imam seperti imam Malik, Syafi’i, Ahmad bin Hanbal dan para sahabatnya, serta mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum membaca Al-Fatihah di dalam shalat adalah wajib, tidak sah shalat tanpanya.

Kedua: Al-Fatihah Adalah Surat Paling Agung Dalam Al Quran

Dari Abu Sa’id Rafi’ Ibnul Mu’alla radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, “Maukah kamu aku ajari sebuah surat paling agung dalam Al Quran sebelum kamu keluar dari masjid nanti?” Maka beliau pun berjalan sembari menggandeng tanganku. Tatkala kami sudah hampir keluar maka aku pun berkata; Wahai Rasulullah, Anda tadi telah bersabda, “Aku akan mengajarimu sebuah surat paling agung dalam Al Quran?” Maka beliau bersabda, “(surat itu adalah) Alhamdulillaahi Rabbil ‘alamiin (surat Al-Fatihah), itulah As Sab’ul Matsaani (tujuh ayat yang sering diulang-ulang dalam shalat) serta Al Quran Al ‘Azhim yang dikaruniakan kepadaku.” (HR. Bukhari, dinukil dari Riyadhush Shalihin cet. Darus Salam, hal. 270)


Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2015. Usaha Sunnah.
Design by Agus Supriyadi. Published by Tagijek Travelr. Support by DAILYFASTNEWS.
Creative Commons License