Pages

BKM AL-MALIKI LAUCHING ALAT PEREBAH HEWAN QURBAN DAN PEMOTONG TULANG

Wednesday, July 21, 2021

BKM AL-MALIKI LAUCHING ALAT PEREBAH HEWAN QURBAN 
DAN PEMOTONG TULANG

Selasa, 20 Juli 2021 18:42 WIT



Reporter: Agus Supriyadi

LAWEMAS.COM, Ternate – BKM (Badan Kemakmuran Masjid) Al-Maliki Perumahan Loow Permai Kelurahan Ngade menyembelih sebanyak 18 hewan kurban (sapi) dan 1 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1442 H atau 2021 M. Penyembelihan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari pertama sebanyak 13 ekor sapi, dan hari kedua sebanyak 5 ekor sapi dan satu ekor kambing. Penyumbang hewan kurban ini terdiri atas 17 kelompok, dan 1 ekor bantuan dari Pemprov Malut. Penyembelihan daging kurban ini dibagikan ke masyarakat sekitar khususnya yang berdomisili di RT. 04 dan 05 serta sebagian di RT lain.


 

“Bagi kita semua Idul Adha memberikan simbol semangat pengorbanan, yang oleh insan Al_MALIKI diteladani dengan terus berusaha memberi manfaat kepada seluruh masyarakat, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 ini," ungkap Ketua BKM Al-Maliki H. Hermanto dalam keterangan lisan pada Selasa, 20 Juli 2021. 

Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Al-Maliki menciptakan alat peroboh sapi yang digunakan dalam pemotongan hewan kurban pada 20 Juli 2021 dan alat pemotong tulang. Pembuat dan perancang alat semi modern ini adalah Bapak Sugihartono. Ketua Panitia Hewan Kurban BKM Masjid Al-Maliki, Fahri Abd. Salam menerangkan, alat itu diharapkan dapat mengurangi siksaan sapi yang biasanya dijatuhkan dengan cara diikat kakinya sebelum disembelih. Fahri menambahkan, meski menggunakan alat untuk merobohkan, namun tetap mengikuti syariat agama dalam pemotongan sapi, di antaranya adalah menghadap kiblat.


Proses pembuatan alat peroboh sapi ini, kata Ketua BKM Masjid Al-Maliki H. Hermanto, dikerjakan dalam waktu beberapa minggu. Nantinya, sapi diarahkan ke sebuah kotak besi yang sudah dibentuk sedemikian rupa, kemudian tubuhnya ditempelkan ke sisi samping alat lalu papan itu akan direbahkan ke tanah.

Setelah disembelih, sapi-sapi itu kemudian dibawa ke tempat jagal yang berada di halaman masjid untuk dipotong kemudian dibagikan ke masyarakat.

Proses penyembelihan hewan kurban di hari pertama di motori oleh Bapak Zul Nasution dan alhamdulillah berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Penyembelihan ini di bawah kendali Imam Masjid Al-Maliki, Ustad Sumardi dan Pak Ridwan Karim serta dibantu oleh Ustad. Fais.


ALAT PEREBAH SAPI QURBAN

Alat Perebah Sapi Qurban adalah alat untuk merebahkan sapi dari posisi berdiri untuk mempermudah proses pemotongan

·         Sistem Manual, tidak membutuhkan mesin penggerak

·         Digerakkan tenaga manusia

·         Aman, untuk mencegah kecelakaan karena tendangan kaki sapi

·         Dinding perebah bisa dilepaskan dan ditarik ke lokasi penyembelihan·         Portable mudah dipindah-pindahkan

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2015. Usaha Sunnah.
Design by Agus Supriyadi. Published by Mulia Travelr. Support by NEWS.
Creative Commons License