Cara Perawatan Badan Agar Bersih Dan Tidak Kusam

Memiliki kulit badan atau tubuh yang putih bersih dan halus adalah impian semua orang. Untuk itu banyak orang yang mencari-cari cara agar kulit badan mereka bersih dan segar atau tidak kusam. Tidak jarang pula mereka menggunakan obat atau produk yang banyak dijual di pasaran, karena keinginannya. Namun hal tersebut cukup berbahaya dan sangat mengancam kesehatan kulit badan kita. Pasalnya banyak produk yang mengandung bahan kimia atau terbuat dari bahan-bahan berbahaya.

Cara Perawatan Badan Agar Bersih Dan Tidak Kusam



Jika anda ingin kulit anda putih bersih dan tidak kusam, maka gunakan saja cara-cara tradisional untuk perawatan kulit badan atau tubuh kita. Untuk itu saya kasih solusi beserta cara merawat kulit badan kita agar menjadi putih bersih dan tidak kusam. Oke, berikut ulasannya:

Ada dua cara tradisional merawat kulit badan yaitu:

1. Luluran.
2. Berendam Dalam Air Rempah-rempah.

Cara Merawat Kulit Badan Yang Pertama Yaitu Lulur atau bedak mangir

Bedak mangir atau lulur tersebut dicampur dengan sedikit air sebagaimana memakai bedak dingin pada kulit muka. Kalau sudah tercampur lalu gosokanke seluruh tubuh beserta kedua kaki dan tangan Anda. Biasanya cara ini cukup dilakukan 3 kali saja dalam seminggu, tapi bagi anda para remaja putri yang hendak melangsungkan pernikahan agar kulit tubuhnya bersih, halus dan lembut, maka anda bisa menggunakannya setiap akan tidur selama satu minggu berturut-turut sebelum pernikahannya berlangsung.

Artikel lain : Cara Ampuh Menggemukan Badan Secara Alami Tanpa Obat

Hasiat Bedak Mangir/Lulur Untuk Kulit Badan

Untuk membersihkan kotoran atau debu-debu kering yang menempel pada kulit kitayang menutupi pori-pori kulit kita, juga dapat menyegarkan badan, menjadikan kulit kelihatan bersih, bercahaya rasanya segar dan baunya pun sedap.

Sebab bedak mangir bahannya terdiri dari tepung beras yang berkhasiat tinggi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit tubuh kita. Juga ada temu giring yang berkhasiat untuk menguningkan dan menghaluskan kulit. Dan ada juga kayu manis serta kayu mesyoi, yang berkhasiat untuk mengharumkan dan menyegarkan badan.

Namun sayang sekali, untuk resep pembuatan bedak mangir atau lulur belum sempat saya bahas. Jadi tunggu saja yah artikel berikutnya terkait resep bedak mangir.

2. Cara merawat badan dengan mandi rempah.

Sediakan air dingin 5 gayung atau kurang lebih 6 liter.

* Ramuan yang kita siapkan:

1. Daun Pandan : 5 Lembar ( diiris-iris lembut ).
2. Jeruk Purut : 2 buah.
3. Temu giring : setengah kilo.
4. Daun Kemuning : 1/4 kg.
5. Daun Serai : 3 batang.
6. Kayu Manis : 1ons.

* Cara Membuatnya:

1. Bahan no.1 diiris-iris lembut.
2. Bahan no.2 masing-masing dibelah dua.
3. Bahan no.3 dikupas kulitnya dan diiris-iris.
4. Bahan no.4 dibusng tangkainya atau kayunya yang besar-besar.
5. Bahan no.5 dan 6 di cici bersih.

Keenam bahan tersebut di rebus dengan air yang sudah disiapkan 5 gayung sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, turunkan dari atas jerangan api kemudian air rebusan tadi dituangkan dalam ember mandi yang besar, yang sebelumnya sudah disaring dengan kain tipis dan dicampur dengan air dingin, agar sekiranya air tersebut menjadi hangat atau suam-suam kuku.

Artikel lain: Cara Melangsingkan Tubuh Dan Mengecilkan Perut Secara Alami

* Cara Menggunakannya:

Pertama kali kita mandi, badan kita disabun sampsi bersih dengan sabun mandi. Boleh mandi dengan air dingin atau hangat.Kalau seluruh tubuh sudah bersih atau bekas sabunnya hilang hingga kesat, maka langsung masukan rebusan rempah-rempah yang sudah anget-anget kuku tadi ke ember mandi dan berendamlah. Lama berendam kurang lebih sekitar 1/4 jam sambil srluruh tubuh kita sirami dengan air rempah-rempah . Kalau sudah cukup 1/4 jam lamanya kita berendam, kita keluar dari air rendaman tersebut. Langsung tubuh kita ketingkan dengan handuk,dan bilas dengan air biasa, niscaya tubuh kita akan terasa segar bugar , bercahaya serta berbau sedap atau harum. Karena selain untuk merawat kulit agar tetap segar bersih dan halus, cara perawatan kulit badan ini juga dapat menghilangkan bau badan.

Hasiat Mandi Dengan Air Rempah-Rempah:

1. Merperlancar oeredaran darah.
2. Mengurangi berat badan.
3. Mengobati baubadan atau menghilangkan bau badan yang tak sedap.

3. Cara Mandi Yang Mengandung Obat

Kalau kita mempunyai gatal-gatal atau kudis pada kulit kita, maka kita dapat berobat dengan cara tradisionaldengan mandi. Cara dan prakteknya sama dengan mandi rempah pada kolom 2, hanya saja ramuan rempah-rempahnya agak berbeda.

* Daun Brotowali : 1/2 kg.
* Daun beluntas : 1/4 kg.
* Bunga Kenanga : 1 ons.
* Kunyit : 2 ons.
* Temulawak : 2 ons.
* Dlingo - Bengle : 2 ons.
* Jeruk Purut : 2 buah.
* Kemukus : 20 biji.
* Cengkeh : 20 biji.

Cara merebusnya maupun cara menggunakannya sama seperti no.2 diatas. Hasiat dari ramuan tersebut adalah :

1. Daun brotowali berkhasiat menghilangkan gatal-gatal dan mengandung zat pait yang bekerja menetralisir lemak badan. Dibantu juga karena panasnya air rendaman rempah-rempah dapat menghancurkan lemak di badan.

2. Daun beluntas untuk menghilangkan lemak di badan.

3. Bunga kenanga bersifat mengharumkan.

4. Kunyit umbinya mengandung zat kuning, pati dan hidrat arang.

5. Temulawak, dipakai akar tinggalnya berbau aromatik dan rasanya pait tetapi mengandung obat.

6. Dlingo, yang dipakai akar tinggalnya mengandung lendir zat putih telur dan penyamak.

7. Bengle, yang dipakai akar tinggalnya mengandung zat lemak dan rasanya pahit.

8. Kulit Jeruk Purut, menyegarkan bau badan.

9. Kemukus dan cengkeh, berbau semriwing dan melonggarkan pernafasan.

Jika anda mempunya masalah kulit atau bau badan,jangan sesekali menggunakan cara yang berbahaya, karena cara aman untuk kesehatan kulit kita juga ada yaitu cara tradisional merawat kulit badan dengan cara diatas.

Cara Merawat Kulit Badan Agar Bersih Dan Tidak Kusam

Subscribe your email address now to get the latest articles from us

 
Copyright © 2015. Usaha Sunnah.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Support by Jual Beli Blog.
Creative Commons License